Berita Sekitar Kita

Berita Sekitar Kita

Rabu, Mei 11

Ingin belajar bertani Cara penanaman Tanaman labu?

Anda mungkin mempunyai lahan lumayan luas, tapi anda bingung bagaimana cara memanfaatkan lahan tersebut. Mungkin tips yang saya opinikan ini bisa menambahkan pengetahuan serta penghasilan anda untuk bertani labu.

Tips gambaran umum usaha tani labu, dari pengolahan sampai dengan pemanenan:

1. Pengolahan Lahan
Lahan terlebih dahulu dibersihkan dengan dua cara.
Pertama: Penyemprotan lahan dengan racun rumput(insektisida). Setelah rumput dan kayu-kayuan kecil itu kering dan mati (biasanya setelah lima hari setelah penyemprotan), Kemudian dibersihkan dengan menggunakan alat (sejenis parang/aret.
kedua: Membersih bagian yang akan ditanam saja, maksudnya tempat bibit atau anak labu yang akan dibenamkan di lahan yang akan kita tanami, kira-kira berdiameter 1 meter. Setelah bibit atau anak labu sudah tumbuh dan beradaptasi, lalu dibersihkan rumput di sekelilingnya.

2. Penanaman
Penanamanpun bisa dilakukan dengan 2 cara,
pertama: tanam benih/biji labu di lahan secara lansung.
Kedua: penyemaian pada polybek maupun daun pisang yg digulung dan diisi tanah. Kemudian kira-kira umur 1 bulan bisa ditanam di lahan.

3. Pemeliharaan
Pada umur 2 bulan biasanya tanaman labu rentan akan rumput liar maupun serangga yang bisa membuat tanaman labu tidak normal pertumbuhannya bahkan mati. Labu yang sudah mulai merambat biasanya sebagian pucuk dipotong. Rumput liar tersebut pada tiap 2 minggu sekali dibersihkan. Untuk mmbasmi serangga yang biasanya mengganggu tanama labu tersbut bisa menggunakan semprotan racun serangga maupun biji racun yg dibenam pada pokok tanaman. Penggunaan racun serangga cukup 1 atau 2 kali sesuai dengan keadaan hama serangga tersebut.

3. Pemanenan
Panen labu biasa ada 3 tahap. Panen pertama biasanya pada umur 4 bulan terakhir, yang sering disebut belajar berbuah . Panen kedua ini yang biasanya buahnya lebih banyak. Dan panen ketiga biasanya buahnya lebih kecil.

Demikian sekilas gambaran umum usaha tani tentang tanaman labu. Semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar